Sabtu, 03 Desember 2011

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF HP BAGI PELAJAR

v Dampak Positif
1.             Mempermudah komunikasi.
2.             Menambah pengetahuan tentang perkembangan teknologi.
3.             Memperluas jaringan persahabatan.

v  Dampak Negatif :
  1. Bermain game saat guru menjelaskan pelajaran
merupakan bukti nyata bahwa HP mudah mengalihkan perhatian peserta didik terhadap pelajaran.

  1. Mengganggu Perkembangan Anak :
a)      Fitur-fitur yang tersedia di HP seperti : kamera, games, gambar, dan fasilitas  yang lain, mudah mengalihkan perhatian siswa dalam menerima pelajaran disekolah ( kelas ).
b)       Siswa mudah disibukkan dengan memanggil/ menerima panggilan, sms, miscall dari teman mereka bahkan dari keluarga mereka sendiri.
c)      Lebih parah lagi dengan HP dapat untuk melakukan kecurangan dalam ulangan.
d)      Dengan HP peserta didik dapat mudah mengirim/ menerima baik tulisan maupun gambar/ Video yang tidak senonoh dan tidak selayaknya dikonsumsi pelajar tingkat SMP.  
Kalau hal tersebut dibiarkan, maka peserta didik akan dewasa sebelum waktunya,  dan peserta didik yang kita hadapi merupakan peserta didik yang taat dan patuh pada permainan teknologi HP.

  1. Efek radiasi
Selain berbagai kontroversi seputar dampak negatif penggunaannya, penggunaan HP juga berakibat buruk bagi kesehatan dan perkembangan anak. Aktifitas bermain  dan berolah raga digantikan dengan aktifitas duduk dan tersenyum-senyum. Maka ada baiknya jika orangtua / wali peserta didik lebih hati-hati dan bijaksana dalam menyetujui anaknya menggunakan atau memilih HP, khususnya bagi pelajar yang masih anak-anak. Jika tidak sangat diperlukan, sebaiknya anak-anak jangan dulu diberi kesempatan menggunakan HP secara permanen.

  1. Rawan terhadap tindak kejahatan.
Tidak jarang pelajar ber HP merupakan salah satu target utama dari penjahat.

  1. Sangat berpotensi mempengaruhi sikap dan perilaku siswa.
Jika tidak ada kontrol dari guru dan orang tua.HP bisa untuk menayangkan gambar- gambar/ Video yang berbau porno yang sama sekali tidak layak dikonsumsi oleh pelajar.

  1. Pemborosan yang sia-sia
Dengan mempunyai / menggunakan HP tidak seperlunya, maka pengeluaran jelaslah bertambah. Anak tidak mempunyai buku dengan alasan tidak punya uang,  tetapi dibalik itu kalau urusan “ membeli pulsa “ tidak ada kata : “ tidak punya uang “

0 komentar:

Dunia Mayaku | Template by - Abdul Munir - 2008 - layout4all